Diabetes : Jenis Diabetes dan Metode Tes Gula Darah

Tes Gula Darah

Berbicara mengenai diabetes sama dengan membahas penyakit yang bisa membunuh penderita secara perlahan. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh warga Indonesia. Penyakit ini ditandai dengan penumpukan gula darah dalam tubuh akibat tidak diserap dengan baik oleh tubuh. Secara otomatis akan membuat penderita mengalami komplikasi yang berbahaya. 

Sebenarnya gula sendiri termasuk sebagai sumber energi. Namun, kadarnya dalam tubuh akan dikontrol oleh insulin. Sayangnya, pada penderita diabetes pankreas tidak bisa memproduksi insulin secara maksimal. Buat kamu yang memperlukan info detail mengenai bubuk kopi bisa kunjungi https://www.guesehat.com/bubuk-kopi-bermanfaat-menyembuhkan-luka.  

3 Jenis Deabetes 


Tipe Pertama
Jenis pertama ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh merusak sistem sel-sel prankeas sehingga menyulitkannya memproduksi insulin. Sehingga membuat produksi gula dalam tubuh bergerak cepat dan tidak terkontrol. Jenis ini sering disebut diabetes autoimun. Sedangkan untuk penyebab masih diperkirakan dari faktor keturunan. 

Tipe Dua
Sedangkan jenis tipe ini termasuk sebagai diabetes yang sering menyerang para penderita. Timbul karena sistem tubuh tidak bisa sensitif menerima insulin. Sehingga insulin yang sudah diproduksi tidak bisa digunakan dengan baik. Indonesia menjadi salah satu negara dengan penderita deabetes terbanyak di dunia. 

Tipe Tiga
Diabetes tipe ini sering dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya adalah perubahan horman. Secara otomatis gula akan kembali normal saat proses persalinan. Tipe tersebut sering disebut deabetes gestasol. 

Gejala Deabetes
Sering buang air kecil terutama saat malam hari. 
Sering merasa lapar, padahal sudah makan.
Lemas,gejala ini akan memperparah kondisi si penderita.
Masa otot yang semakin menurun membuat penderita sering lelah. 
Luka sulit sembuh, biasanya pada kaki awalnya gatal. Sehingga mengobati luka pada pasien deabetes membutuhkan penanganan khusus. 

Metode Tes Gula Darah

o Tes Gula Darah Sewaktu
Tes ini bisa kamu lakukan di apotek atau pukesmas. Biasanya mereka akan menggunakan alat khusus untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh. Enaknya tes ini tidak perlu harus puasa terlebih dahulu. Hasilnya akan terus berubah sesuai dengan konsumsi yang dilakukan. 

o Tes Gula Darah Puasa
Tes gula darah puasa dilakukan setelah pasien berpuasa setidaknya 8 jam. Setelah itu akan diambil sempel darah. Ketika angka menunjukan kisaran kurang dari  100 ml/gl maka dinyatakan gula darah normal. Sedangkan lebih maka perlu wasapada dan kontrol makanan dan pola pikir dengan baik. 

o Tes HbA1C (glycated haemoglobin test)
Tes gula darah jenis ini akan menghitung kadar gula darah seseorang selama 2-3 bulan ke belakanng. Metode tes tersebut jauh lebih kompleks jika dibandingkan dengan 2 metode sebelumnya. 
Previous
Next Post »